kepegawaian

Penyelenggaraan Diklat dan Ujian Sertifikasi Keahlian Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah

Penyelenggaraan Diklat dan Ujian Sertifikasi

| Rabu, 27 Maret 2019 - 09:48:43 WIB | dibaca: 2852 pembaca

Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kota Kediri telah melaksanakan Pembukaan Diklat dan Ujian Sertifikasi Keahlian Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Tingkat Dasar di Ruang Joyoboyo Balaikota Kediri (18/03/2019). Pembukaan dihadiri oleh Kabid Diklat Fungsional dan Sosial Kultural BPSDM Provinsi Jawa Timur - Drs. Didiek Dwiyanto, MM., Plt. Asisten Administrasi Umum - Yoyok Susetyo, SH., Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah - Ir. Un Achmad Nurdin, MM., dan para pejabat Eselon II Pemerintah Kota Kediri. Diklat ini diikuti oleh 40 (empat puluh) orang pejabat Eselon III dari berbagai OPD di Lingkungan Pemerintah Kota Kediri.

Pada acara pembukaan, Bapak Kepala BKPPD Kota Kediri melaporkan bahwa rangkaian diklat ini dilaksanakan mulai tanggal 14 s.d 23 Maret 2019, diawali dengan kegiatan Studi Lapangan di Bagian Pelayanan Pengadaan Pemerintah Kota Yogyakarta, dan diakhiri dengan Ujian Sertifikasi Keahlian Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Tingkat Dasar di Ruang Laboratorium Komputer SMPN 1 Kediri.

BPSDM Provinsi Jawa Timur mengapresiasi upaya Pemerintah Kota Kediri dalam rangka melaksanakan amanat Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 untuk memenuhi kompetensi dan integritas SDM Pemerintah Kota Kediri di Bidang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah harus dilaksanakan berdasarkan prinsip-prinsip Efisien, Efektif, Transparan, Terbuka, Bersaing, Adil, dan Akuntabel agar dapat memberikan nilai manfaat dan kontribusi yang sebesar-besarnya (Value for Money) dalam peningkatan penggunaan produk dalam negeri, peningkatan peran usaha, pembangunan yang berkelanjutan baik nasional maupun daerah, serta peningkatan pelayanan publik yang prima.

Dalam sambutannya, yang dibacakan oleh Bapak Plt. Asisten Administrasi Umum, Bapak Walikota Kediri - Abdullah Abu Bakar menyampaikan bahwa semakin tingginya volume pengadaan barang/jasa di Lingkungan Pemerintah Daerah menuntut tersedianya Sumber Daya Manusia yang memadai baik secara Kuantitas maupun Kualitas. Sangat dibutuhkan seseorang yang Ahli dalam kegiatan tersebut, dalam hal ini dibuktikan dengan kepemilikan Sertifikat Keahlian Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Penyelenggaraan Diklat ini merupakan kerjasama antara Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kota Kediri dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Jawa Timur. BPSDM Provinsi Jawa Timur merupakan Lembaga Pelaksana Pelatihan Barang/Jasa (LPPBJ) yang telah mendapatkan Akreditasi A dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Pada saat pelaksanaan Ujian Sertifikasi Keahlian Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Tingkat Dasar di Ruang Laboratorium Komputer SMPN 1 Kediri (23/03/2019), 17 (tujuh belas) orang dari 40 (empat puluh) peserta dinyatakan LULUS dan berhak mendapatkan Sertifikat Keahlian Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Tingkat Dasar. Soal ujian sejumlah 90 (sembilan puluh) soal dengan Bobot Nilai maksimal 255 (dua ratus lima puluh lima) poin. Dalam ujian tersebut         Sdr. Zachrie Ahmad, Inspektur Pembantu Wilayah II pada Inspektorat Kota Kediri berhasil meraih nilai tertinggi yakni 231 (dua ratus tiga puluh satu) poin.